Sudah Tahu Mitos tentang AC Low Watt Ini?

ac low watt

Menggunakan AC menjadi alternatif solusi bagi sebagian orang untuk mengatasi suhu yang panas ketika di dalam ruangan. Manfaat AC di dalam ruangan memang sudah tidak bisa diragukan lagi. Meskipun cuaca sedang panas, kita akan tetap merasa nyaman ketika ada kehadiran AC di dalam sebuah ruangan.

Namun, satu hal yang dikeluhkan orang ketika menggunakan AC adalah biaya listrik yang membengkak. Hal ini karena AC yang digunakan cukup banyak menyedot listrik sehingga berimbas pula pada tarif biaya listrik bulanan. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, hadirlah teknologi baru yang bernama AC Low Watt atau AC Hemat Energi. AC ini dianggap dapat menekan biaya listrik di rumah. Berikut adalah uraian mengenai kegunaan, mitos, dan fakta AC Low Watt.

Kegunaan AC Low Watt

AC Low Watt memiliki daya listrik yang lebih kecil dibandingkan AC konvensional atau AC standar. Hal ini disebabkan oleh pengurangan kerja kompresor atau penggunaan kompresor pada AC Low Watt lebih kecil. AC Low Watt ini biasa digunakan di rumah dengan daya listrik yang cukup rendah, yaitu 900 watt. Apabila tarikan konsumsi lisrik umumnya 800 watt, untuk AC Low Watt ini diperkirakan hanya membutuhkan daya setengahnya, yakni 350 hingga 400 watt saja.

Melalui daya yang demikian, konsumsi listrik di rumah akan berkurang. Dengan berkurangnya konsumsi listrik itulah akan dapat menghemat pengeluaran bulanan untuk pembayaran tagihan listrik. Alasan inilah yang membuat AC Low Watt banyak digunakan orang.

Mitos: AC Low Watt lebih hemat daripada AC Standar

Banyak orang yang berpendapat bahwa AC Low Watt lebih hamat daripada AC standar. Faktanya, meskipun memiliki prinsip kerja yang sama, tetap saja perbedaan antara keduanya terletak pada kompresor yang digunakan. Kompresor AC Low Watt memiliki daya yang lebih kecil, tetapi hal tersebut menyebabkan daya yang digunakan untuk memperkuat kinerja kipas harus besar.

Baca Juga :  Solusi dan Cara Menghapus gmail

Karena kompresor pada AC Low Watt berdaya rrendah, otomatis kompresor harus bekerja lebih lama untuk mendinginkan ruangan. Akibatnya, kita harus menunggu lebih lama sampai suhu yang diinginkan tercapai. Apabila jangka waktu yang dibutuhkan AC Low Watt lebih lama, belum tentu membuatnya lebih hemat dibandingkan AC Standar.

Jika dilihat dari segi biaya pemakaian listrik, penggunaan AC Low Watt bisa membantu Anda menghemat listrik hingga 2%. Namun, jika Anda tidak puas dengan suhu yang diinginkan, belum tentu juga AC Low Watt sesuai dengan perkiraan Anda.

Mitos: AC Low Watt bekerja sebaik AC Standar

Pernyataan tersebut juga masih menjadi mitos karena faktanya, kompresor AC Low Watt yang memiliki daya lstrik yang lebih rendah ternyata lebih lama mendinginkan udara. Hal ini berarti kemampuan AC Low Watt dalam mendinginkan ruangan lebih lambat dibandingkan AC pada umumnya.

Mitos: AC Low Watt cocok untuk semua rumah atau ruangan

Mitos selanjutnya adalah AC Low Watt dapat digunakan di semua rumah atau ruangan. Faktanya, inovasi AC Low Watt sebenarnya muncul dengan tujuan agar rumah dengan daya listrik yang rendah dapat menggunakan AC. Alasan tersebut tidak didasarkan pada penghematan listrik secara signifikan.

Dengan tujuan tersebut, dapat dikatakan bahwa rumah dengan daya listrik yang muncukupi tidak disarankan untuk menggunakan AC Low Watt. Hal tersbut karena jenis AC Low Watt dikhususkan untuk rumah dengan daya listrik yang rendah. Selain itu, AC Low Watt ini juga akan lebih cocok digunakan di ruangan yang hanya dipakai sementara, seperti ruangan kantor, ruang tamu, ruang bermain, dan sebagainya.

Apabila AC Low Watt digunakan di ruang keluarga dengan jendela atau terkena sinar matahari, kamar tidur, atau ruang utama yang besar, suhu dingin yang dihasilkan AC tersebut tidak dapat tersebar secara maksimal sehingga dapat mengganggu rutinitas keluarga.

Baca Juga :  7 Aplikasi Merekam Layar HP Iphone Terbaik

Berdasarkan uraian di atas, penulis ingin mengingatkan kepada pembaca agar selalu mempelajari dan meneliti barang-barang elektronik sebelum dibeli. Kita tidak boleh gegabah  membeli sesuatu tanpa mencari tahu informasi yang lengkap terhadap barang tersebut. Sekian dan semoga bermanfaat.